Home Blog Renungan pdt. Nancy Selamat Hari Minggu

Warning: strtotime(): It is not safe to rely on the system's timezone settings. You are *required* to use the date.timezone setting or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected the timezone 'UTC' for now, but please set date.timezone to select your timezone. in /home/immanuel/public_html/libraries/joomla/utilities/date.php on line 56

Warning: date(): It is not safe to rely on the system's timezone settings. You are *required* to use the date.timezone setting or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected the timezone 'UTC' for now, but please set date.timezone to select your timezone. in /home/immanuel/public_html/libraries/joomla/utilities/date.php on line 198
Selamat Hari Minggu PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Nicole   

SELAMAT HARI MINGGU

Pdt. Ny Nancy Nisahpih-Rehatta

 

Ketika ibadah pada hari minggu di gereja berakhir, Pendeta dan para presbiter saling berjabat tangan dengan jemaat, sambil mengucapkan selamat hari minggu. Apa makna ucapan ini ? Ada pendapat yang mengatakan bahwa ucapan ”Tuhan berkati” sebagai terjemahan God bless you, lebih tepat dan menentramkan hati. Benarkah demikian ?

Ibadah minggu selalu diakhiri dengan ucapan berkat dan penumpangan tangan oleh pelayan Firman, yang bermakna : jemaat kembali dalam seluruh aktifitas sepekan ke depan dengan disertai berkat Tuhan. Jadi sebenarnya pelayan Firman dan presbiter maupun jemaat, tidak perlu mengucapkan hal yang sama ketika berjabat tangan setelah ibadah.

Ucapan ”selamat hari minggu” sesungguhnya memiliki arti yang sangat dalam. Kata selamat berasal dari kata Arab Assalam yang memiliki bentuk dan arti yang sama dengan Syalom, yaitu : selamat dari segala bencana, selamat dari maut, aman, sentosa, damai, tentram, sejahtera, pulih, sembuh, terpelihara dari ancaman bahaya. Jadi arti kata Syalom itu sangat luas dan positif !

Kalimat ”hari minggu” berasal dari bahasa Portugis Deo minggo yang berarti ”Hari Tuhan” atau bahasa latin feria dominicus yang berarti hari raya Tuhan. Disebut hari raya Tuhan karena hari pertama dalam sepekan, adalah hari kebangkitan Tuhan Yesus. Hari pertama itu dirayakan sebagai hari kemenangan Kristus terhadap maut, oleh karena itu disebut ”Hari Tuhan!” atau ”Hari raya Tuhan!”.

Dengan mengucapkan selamat hari minggu, hendak dikatakan kepada orang yang disalami ”selamat, aman, sentosa, sejahtera, sehat, damai dan tentram menjadi bagian hidupmu di hari kemenangan Tuhan Yesus !”

Jadi, terlihat bahwa dalam makna ungkapan ”Selamat hari minggu” itu terkandung : berkat, doa dalam iman dan harapan dalam Kristus sebagai wujud kasih yang hendak dihadirkan dalam kehidupan sesama lewat jabatan tangan kita.

 
Baner
Hakcipta © 2014 .. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah perangkat lunak gratis yang dirilis dibawah lisensi GNU/GPL.